Apa sih Ungkap Tujung dan Mengapa harus dilakukan serta kapan seharusnya dilakukan ?.
Pertanyaan ini dikemukakan seorang pelayat yang hadir pada hari Sabtu 10 Juli 2010 lalu di Perumahan Duta Bintaro Cluster Kintamani yakni di ulaon partuatni/parmonding ni lae P.Sitanggang (Ama Charles).
Pertaanyaan itu mungkin sebenarnya sebagai ungkapan “protes” dari dalam hati si penanya karena Ulaon Ungkap Tujung langsung dilakukan oleh Hula-hulanya Sitanggang yakni Raja Manurung terhadap Inangbao namabalu (janda mendiang) setelah Ibadah Tutup Peti di tutup Tangiang Pasupasu oleh Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap (dari HKBP Serpong). Begitu peti ditutup, Hula-hula Raja Manurung langsung MANGUNGKAP TUJUNG ni boruna.
Konon katanya hal itu dilakukan karena sudah kesepakatan sewaktu marhata raja Jumat malam. Dugaan saya itu dilakukan pasti dengan alasan efisiensi waktu (arga ni tingki) agar setelah pemakaman di TPU Petamburan JAKBAR, hula-hula tidak pulang lagi kerumah almarhum di Tangerang.
Beberapa orang ada yang membenarkan apa yang dilakukan Raja Manurung dengan alasan sudah umum (songoni na ma namasa nuaeng on). Saya pribadi tidak sependapat dan menurut saya hal tersebut sudah menyimpang dari filosopi yang mendasari Ulaon Ungkap Tujung.
Menjawab pertanyaan diatas berikut argumen dan penjelasan saya sepanjang yang saya ketahui dan atas dasar filosopi sbb:
Ungkap Tujung dilaksanakan bermakna untuk mengangkat beban berat (na dokdok na tinaon ni na manghabaluhon) yang berarti ketika pagi hari menjelang siang di sampaikan Ulos Tujung adalah perlambang bahwa janda almarhum (na mabalu) menanggung (manaon) beban yang berat seiring meninggalnya suami yang di cintainya. Dan itu dimaknai bahwa janda almarhum berkabung dan oleh karenanya ada saatnya nanti masa berkabungnya harus diakhiri.
Dahulu kala Ungkap Tujung dilakukan beberapa hari kemudian dan selama Tujung nya belum di ungkap maka yang memakai Tujung belum dapat beraktivitas seperti sedia kala (masih mengurung diri di rumah) .
Belakangan ini agar tidak larut dalam masa perkabungan dan agar janda almarhum (namabalu) dapat beraktivitas seperti sedia kala maka Ungkap Tujung dilakukan setelah pulang dari pemakaman. Artinya Tujung (beban/tanda berkabung) tadi di angkat setelah jenazah almahum dimakamkan dengan demikian almarhum sudah Onding (berpisah selamanya secara duniawi) dan dia sudah menghadap TUHAN sehingga masa berkabung berakhir dan keluarga yang di tinggalkan jangan lagi larut dalam masa perkabungan.
Dalam hal kejadian sebagaimana di utarakan di atas, Tujung sudah di ungkap padahal jenazah masih harus di antar ke TPU Petamburan. Bagaimana mungkin masa bekabung sudah berakhir sementara jenazah masih didepan mata dan kita semua tahu bahwa saat yang paling “sulit” bagi keluarga adalah ketika AGENDA penguburan di udean Sian Tano Mulak Tu Tano dan keluarga diberi kesempatan untuk tabur bunga atau mandabu tano dan selanjutnya petugas pemakaman menimbun peti mati dengan tanah.
Saya dapat bayangkan (maklum saya tidak ikut ke pemakaman namun marhobas merapihkan rumah yang ditinggal semua rombongan) setelah pulang dari pemakaman maka Inangbao (janda almarhum) dan anak-anak pulang kerumah tidak ada lagi yang menemani karena semua sanak keluarga langsung pulang kerumah masing-masing (termasuk Hula-hula tangkas/Tulangnya anak-anak almarhum). Ditengah rasa kehilangan mulai terasa dan badan lelah secara fisik maupun psikis, keluarga yang berduka tidak ada yang menopang.
Note:
- Pemakaman hari Sabtu besoknya libur karena hari Minggu.
- Baca tulisan saya tentang Pangantusion Mate Mangkar https://sitorusdori.wordpress.com/2010/05/10/pangantusion-di-ulaon-habot-ni-roha-mate-mangkar/
Pertanyaannya sekarang apakah demi alasan efisiensi waktu, maka holong na marboru , marhula, mar bere akan dikorbankan ?
Mari kita renungkan bersama makna dan filosopi budaya kita. Janganlah kita menyimpang dari filosopi hanya karena alasan efisiensi waktu. Efiiensi waktu OK, tapi jangan hilang makna dan filosopinya.
Mohon maaf saya tidak bermaksud menghakimi ataupun menggurui atau apapun namanya, saya hanya ingin menyampaikan pemahaman saya tentang ungkap tujung berdasarkan beberapa buku yang saya baca dan panuturion ni natua-tua serta apa yang sudah pernah saya lakukan.
Sekali lagi MOHON MAAF jika tidak berkenan dengan tulisan ini.
Sampe Sitorus.
Botul doi tulang penjelasan munai. saya sangat setuju.
jonson
Setuju lae…..
Balmen Dolksaribu (A. Grace Morado)
ima da, sai hira naso holong be rohana tu ibotona, dang tarleansa be tikki tu bagas ni ibotona laho manungkol-nungkoli ibotona na marsitaonon i?
didia be holong i?
mungkin dang apala ibotona be na mambahen tujung i….
maaf…… molo adong na tarsinggung
p siregar
Amang P. Siregar, untuk kejadian yang saya ceritakan diatas apala ibotona kandung do. Sohuboto be mandok nunga dao pergeseran ni adat i .
Setuju do au di panorangion mi alai boasa dang olo hita nenget nenget paulihon asa tapadalan hombar tu aturan ni paradaton, alana huparateatehon lam tu naparpudion jotjot do dos niroha nagabe alasan nang pe dang pas/tingkos be angka naniulai, dungi angka raja parhata pe sai guru dokna do sude, porlu revolusi mental, mendukung do ahu dihatorangan mi amppara etama ta mulai songon nanidok mi, baen konsep ungkap tujung na pas asa haidaan holong namar keluarga. isara ditingki dinaro pasahatton hata penghiburan.
Horas jala gabema di hamu amang, Sampe Ssitorus.
sai di lehon Tuhan ma dihamu hahipason dohot ganjang ni umur ditambai antong bisuk manang parbinotoan ala taronjar do rohamuna mangaradoti jala paturehon adat Batak napinukkani opputta si jolo- jolo tubu i.
pangidoanku tu hamu Amang molo adong namanjiblak tulisan munaon, unang pola gabe moru semangat muna, na pararaton do goarni i asa lam torop hita na manangantusi songondiado partordingni adat Bataki.
buat hamuma sian sisi pisitifna, najelas dang mago sibaen akka nauli.
taringot tu ukap tujung manang mambuka tujung ni namabolu, godang do nuaing napamasahon tarlobi di Jakarta on dang ditaruhondope tu udean namondingi nungnga pintor di buka tujungni namabalui, jadi hurangdo sumanna.Ukap tujung di ulahon ala naung adongdo dosni roha ni namarhula- hula, marboru ditikki na martonggo raja.
Tohodo nian songonnidokni si Tua-Tua aekgodang aek laut, dosni roha sibaen nasaut.alai dang boi laos olopponnontoni molo hurang denggan.
godangdo donganta mangoloppon manang menyetujui akka nahumurang alani aha? najelas dang di attusi ahado makna dohot lapatani si ulaoni.
Andinatalius dohot Henry, mauliate nunga didulo hamu partungkoan on. Ima tutu, hita naposo unang ma taihuthon angka nahurang singkop.