Banyak pertanyaan muncul menanyakan mana yang benar Pomparan Nai Rasaon atau Pomparan Na Rasaon ?
Tuan Sorimangaraja mempunyai 3 istri yakni:
1.Boru Paromas/Boru Antingantingsabungan yang melahirkan Ompu Tuan Nabolon (ada juga penulis yang menyebut namanya Ompu Sorbadijulu).
Anak-anak Ompu Tuan Nabolon inilah si Bolontua (Simbolon – seluruhnya), Tambatua – melahirkan banyak marga-marga, Saragitua – melahirkan banyak marga-marga, dan Muntetua – yang juga melahirkan banyak marga-marga.
Dikemudian hari istri pertama Tuan Sorimangaraja ini dikenal dengan panggilan Nai Ambaton. Estimasi terkini keturunan Nai Ambaton menurunkan 70-an marga yang disebut dengan PARNA (Parsadaan Nai Ambaton) “na boloni”.
2. Boru Bidinglaut melahirkan 1 anak yakni Datu Pejel (beberapa penulis menyebut nama Datu Pejel = Ompu Tuan Sorbadijae).
Dikemudian hari istri kedua Tuan Sorimangaraja ini dikenal dengan panggilan Nai Rasaon.
Datu Pejel memperistrikan boru Tantan Debata, kemudian lahirlah anak mereka bernama Narasaon.
Narasaon punya 2 anak (kembar dalam balutan) yakni:
A. Raja Mangatur (menurunkan marga Sitorus, Sirait, Butarbutar)
B. Raja Mangarerak (menurunkan marga Manurung).
3. Boru Parsanggul Haomasan melahirkan satu anak, bernama Tuan Sorbadibanua (keturunan Tuan Sorbadibanua ada 8 anak) diantaranya: Sibagot ni Pohan, Sipaettua(Pangulu Pongguk Nai Borngin, Partano Nai Borgin, Puraja Laguboti (Pangaribuan,Hutapea), Silahisabungan, Raja Oloan, Raja Hutalima, Raja Sumba, Raja Sobu, Raja Naipospos.
Dikemudian hari istri ketiga Tuan Sorimangaraja ini dikenal dengan panggilan Nai Suanon/ Nai Tungkaon.
Kembali ke topik NAI RASAON atau NA RASAON ?
Jawabannya tergantung ke kata penanyanya. Misal Pomparan ni ? Maka jawabannya NAI RASAON. Jika kata penanyanya Pomparan ? Jawabannya NARASAON. Artinya jika kita menyebut NAI RASAON akan mengingatkan seluruh pomparan ni NAI AMBATON dan NAI SUANON bahwa dahulu kala ibu mereka kakak beradik (3 istri dari Tuan Sorimangaraja).
Jika kita menyebut NA RASAON maka kita tahu kita adalah turunan DATU PEJEL. Kesimpulannya: NA RASAON adalah anak dari DATU PEJEL, NAI RASAON adalah Ibunya DATU PEJEL (boru Biding Laut). Jika hingga saat ini sebagian orang masih menyebut Pomparan Nai Rasaon itu adalah kebiasaan menyebut nama ibunya DATU PEJEL.
Menurut hemat saya tidak ada yang salah dalam hal tersebut, yang penting kita mengetahui apa yang kita sebut.
Semoga tulisan ini menambah pemahaman kita.
Salam hangat Pomparan Narasaon
St. Sampe Sitorus/br Sitanggang (A. Hitado Managam Sitorus)
Catatan:
Dirangkum dari berbagai tulisan dan diskusi dohot panuturion ni natuatua.
Asing dang mangatusi au maksud cerita na on? Dang adong be na lebih detail cerita sejarah Narasaon dohot Nairasaon non ito?
Tulisan saya bukan mengenai sejarah Narasaon. Tetapi menjelaskan Narasaon atau Nairasaon.
Horas ito,…jadi adong sukkun2 di rahakku…molo nai rasasaon ima inong ni datu pejel I si boru biding laut songon dia do cerita ni I, sementara cerita na huboto boru biding laut sarupa doi nyi roro kidul. Molo ni paihut2 turi2an na na terdampar do namborui sian pulau mursala sahat tu pantai selatan, jala marhamulian ma tu raja na adong di luat na margoar pangandaran si sonari, adong do boru na sia I ima nyi blorong…pertanyaan sblm sahat tu pantai selatan naung marhamulian do namborui?
Nyi Roro Kidul ? Ah na dipasumansuman nama sarita i ala Biding Laut gabe dipasuman tu penguasa laut. Ai ndang adong dope tulisan berupa buka na manurathon taringot to boru Biding Laut gabe Nyi Roro Kidul, jala sian suku Jawa pe asing do versi nasida taringot tu Nyi Roro Kidul. Di angka piga buku tangkas do digurathon boru Biding Laut marhamulian tu Tuan Sorimangaraja.